Get me outta here!

Sabtu, 03 November 2018

Info Wisata Borobudur yang Harus Diketahui Sebelum berkunjung

Nama Candi Borobudur tentu bukan hal asing lagi bagi sebagian besar orang. Candi ini disebut sebagai kompleks candi Buddha terbesar yang ada di Indonesia, bahkan di dunia. Bahkan Info Wisata Borobudur menyebutkan bahwa UNESCO menetapkannya sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 1991. Selain menjadi cagar budaya dunia, Candi Borobudur telah menjadi salah satu tempat wisata yang menarik banyak perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara.

Tempat wisata ini memiliki luas 123x123meter2 dan terdiri dari 10 tingkat. Bangunan candi tersusun dari balok vulkanik yang membentuk 504 arca, 72 stupa dan sebuah stupa induk besar pada puncaknya. Uniknya, menurut info wisata Borobudur balok-balok tersebut tersusun tanpa menggunakan perekat ataupun semen. Dindingnya dihiasi sekitar 1.460 panel relief dengan panjang masing-masing 2meter. Panel tersebut menceritakan tingkatan kehidupan Buddha.

Relief pada bagian bawah disebut dengan ‘Kamadathu’ yang menceritakan tentang perilaku buruk manusia yang dipenuhi nafsu dunia sehingga membuatnya masuk neraka. Relief bagian tengah disebut ‘Rapadathu’, bercerita tentang manusia yang terbebas dari hawa nafsu dunia. Sedangkan relief teratas yaitu ‘Arupadhatu’ yang menggambarkan tingkatan pencapaian teratas temapat dewa bersemayam. Selain tiga relief tersebut, berdasar info wisata Borobudur sebenarnya masih ada panel relief di bagian terbawah candi yang terkubur.

Menurut info wisata Borobudur, relief yang terkubur bernama ‘Karmawibhangga’ yang menceritakan tingkatan terbawah manusia. Relief ini menggambarkan perilaku buruk manusia yang selalu mengikuti hawa nafsunya seperti membunuh, bergosip dan memerkosa. Penguburan panel relief tersebut dilakukan karena dua alasan yaitu dianggap tidak sopan dan upaya pengokohan agar candi tetap berdiri tegak. Candi Borobudur bahkan disebut sebagai salah satu mahakarya terbesar umat manusia sepanjang sejarah. Tempat ini menjadi bukti kemajuan peradaban manusia zaman dahulu dalam bidang arsitektur, teknologi serta seni sastra. Di kompleks candi terdapat dua museum yaitu Samudera Raksa dan Karmawibhangga.

Sebenarnya tidak hanya bangunan candi yang menarik perhatian, namun juga pemandangan alam yang ada di sekitarnya. Info wisata Borobudur menunjukkan di sebelah selatan candi terdapat Bukit Manoreh yang bentuknya menyerupai seseorang dalam posisi tidur. Selain Bukit Manoreh, masih ada keindahan alam lain yang bisa anda nikmati. Seperti pemandangan Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi yang mengelilingi bangunan megah ini.